cara membuka rekening saham - phillip sekuritas

Pengalaman Mendaftar di Phillip Sekuritas Indonesia

Sekuritas mana yang bisa deposit murah atau terjangkau? Salah satunya di Phillip Sekuritas Indonesia. Saya sudah punya akun di sekuritas, yaitu di Indopremier, Mandiri Sekuritas dan Phillip Sekuritas. Yang akan saya bahas adalah pengalaman saya mendaftar dan bertransaksi di Phillip Sekuritas Indonesia.

 

Profil Umum Phillip Sekuritas Indonesia

Menurut penjelasan di website Phillip Sekuritas adalah:

  • Perusahaan sekuritas yang hadir di Indonesia sejak tahun 1994 dan merupakan bagian dari Phillip Capital Group yang memiliki jaringan global di 16 negara
  • Tahun 2003 Phillip Sekuritas Indonesia meluncurkan POEMS (Phillip’s On-line Electronic Mart System) versi Indonesia
  • Mendapat ijin Otoritas Jasa Keuangan (d/h BAPEPAM dan LK) yang terdiri dari Penjamin Emisi Efek Nomor: KEP-02/BL/PEE/2007 dan Perantara Pedagang Efek Nomor: KEP-225/P/1992

 

Untuk profil lengkapnya Anda langsung bisa menuju ke websitenya.

 

Di Phillip Sekuritas, Anda bisa melakukan perdagangan saham melalui aplikasi POEMS. Di aplikasi tsb juga ada pilihan untuk berinvestasi reksadana.

 

Apa saja bank yang disediakan untuk RDN?

Saya sudah tanya ke CS Phillip Sekuritas dan ternyata Rekening Dana Nasabah (RDN) yang disediakan ada beberapa bank yaitu BCA, Mandiri, Permata dan Sinarmas untuk akun reguler. Untuk akun syariah akan dibuatkan RDN BCA Syariah.

Banyak juga jika dibandingkan dengan sekuritas lain yang sudah saya coba. Jadi Anda bisa memilih yang sama dengan bank pribadi Anda agar tidak kena biaya transfer saat deposit maupun tarik dana.

 

Apakah mudah proses pendaftaran di Phillip Sekuritas Indonesia?

Untuk media pendaftarannya Anda bisa mendaftar melalui websitenya. Tapi saya kemarin mendaftar melalui Sekolah Pasar Modal. Sekedar info, Phillip Sekuritas menjadi salah satu partner dalam program Sekolah Pasar Modal IDX.

Jadi, saya mendaftar dulu di Sekolah Pasar Modal, saya ambil yang kelas online biar lebih praktis dan cepat (baca: malas). Kalau Anda mau ikut yang kelas tatap muka juga silahkan. Kembali lagi, nah jadi setelah itu ada ketentuan untuk memilih salah satu sekuritas dan saya pilih Phillip Sekuritas.

 

Saya langsung daftar, mengisi formulir secara online mulai dari data diri, data pekerjaan, dst. Begini lengkapnya tahapan yang saya lalui:

 

  1. Saya registrasi di sekolah pasar modal 4 januari lalu transfer 100 ribu ke Phillip Sekuritas pada 5 januari. Karena itu bukan hari kerja maka diproses tanggal 7 januari.
  2. Pengisian formulir online tanggal 7 januari. Lalu tanggal 11 januari diminta untuk mencetak dokumen formulir online sebelumnya dan dikirim ke kantor Phillip Sekuritas.
  3. Pada tanggal 18 januari saya mendapatkan WA dari CS Phillip Sekuritas untuk verifikasi identitas melalui video call dengan memegang KTP.
  4. Rekening dana investor saya sudah jadi tanggal 26 januari. Dan saya diminta untuk deposit 500 ribu ke rekening tsb.
  5. Saya mendapatkan ID dan password untuk masuk di POEMS tanggal 28 januari. Di tanggal ini juga ada email yang menyatakan bahwa deposit berhasil sejumlah 1 rupiah. Saya juga tidak paham kenapa begitu hehe

Jadi total waktu yang dibutuhkan adalah 22 hari sejak mengisi formulir hingga saya bisa transaksi di aplikasi POEMS.

cara membuka rekening saham - phillip sekuritas

Lalu berapa jumlah minimal deposit?

Memang ada email yang meminta saya untuk mengirim 500 ribu sebagai deposit pertama, tapi tidak saya lakukan. Dan saya tetap bisa mengakses aplikasi POEMS. Mungkin karena ada partnership dengan Sekolah Pasar Modal sehingga ada toleransi dalam hal deposit, yang akhirnya bisa dilakukan dengan 100 ribu.

 

Jika Anda mendaftar langsung di website bisa jadi berbeda. Silahkan Anda coba dan bagikan pengalaman Anda di kolom komentar.

Kemudian untuk biaya atau fee jual dan beli saya belum menemukan informasinya. Saya cari di websitenya tapi tidak ketemu. Saya juga belum menanyakan langsung ke CS Phillip Sekuritas. Mungkin nanti akan saya update. Tapi jika melihat di menu konfirmasi pembelian ada hitungan 0,2% untuk fee beli. Ini saya hitung manual dari fee yang ditampilkan. Untuk fee jual saya tidak tahu karena belum mencoba menjual saham di POEMS.

Update:

Saya sudah bertanya, dan jawabannya adalah fee beli 0,18% dan fee jual 0,28%.

 

Untuk media transaksi, kita bisa menggunakan aplikasi POEMS. Operasionalnya cukup mudah dan tidak berat juga di smartphone. Ada juga versi lainnya yaitu web based di poems.co.id, poems.web.id, lalu versi software dan aplikasi: POEMS Protrader, POEMS PRIMA Blackberry dan POEMS ID (Android/Tablet/iPhone/iPad).

Sangat lengkap ya? Jadi makin mudah untuk transaksi saham.

cara membuka rekening saham - phillip sekuritas

Lalu, apa saja fitur aplikasinya?

 

  1. Informasi (berita dkk)

Di aplikasi POEMS terdapat menu berita yang menampilkan berita nasional dan internasional berkaitan dengan ekonomi dan saham. Jadi kita bisa minimalisir aplikasi untuk melihat berita. Selain itu juga ada rekomendasi teknikal setiap hari di menu Research. Tapi saya belum pernah cek akurasinya.

 

  1. Order jual beli

Tampilan antar muka menu order cukup mudah dipahami bahkan untuk pemula sekalipun. Ada keterangan maximal buy, maximal sell, maximal cash, sehingga bisa tahu batasan pembelian sesuai dengan dana cash. Selain itu juga dalam tampilan konfirmasi pembelian maupun penjualan terdapat hitungan fee, jadi kita bisa sekaligus mengetahui berapa fee yang dibutuhkan.

 

  1. Info portofolio

Untuk tampilan menu portofolio tidak ada yang istimewa. Kurang lebih sama saja dengan aplikasi di sekuritas lain. Tapi saya pikir yang ditampilkan di POEMS lebih sedikit dari aplikasi di sekuritas lain yang saya pakai. Hanya ada kode saham, harga average dan harga last serta keuntungan/kerugian. Ini simpel menurut saya, jadi user tidak dibingungkan dengan banyak informasi yang mungkin tidak dipahami.

 

  1. Tarik dana

Disini juga tidak ada hal khusus, sama halnya dengan di sekuritas lain. Tapi memang lagi-lagi, tampilannya sangat mudah dipahami. User friendly sekali, mudah untuk digunakan, tinggal masukkan nominal dana yang ditarik dan klik submit.

 

  1. Posisi keuangan

Di menu trading equity ditampilkan posisi cash balance, market value, dsb. Saya pikir ini juga tidak beda jauh dengan informasi di aplikasi sekuritas lain yang saya pakai.

cara membuka rekening saham - phillip sekuritas
  1. TA dan FA

Dalam menu profil emiten, ada beberapa yang ditampilkan. Ada informasi pergerakan harga realtime yaitu antrian bid ask, harga, volume. Kemudian ada informasi top buyer dan top seller. Ada informasi fundamental juga, dan menurut saya yang ditampilkan juga yang seperlunya saja untuk analisis fundamental. Dan terakhir ada informasi berita terkait emiten tsb yang diambil dari kontan online.

 

  1. Stock filter

Mungkin ini menjadi salah satu menu yang saya suka. Ada menu stock scanner yang menampilkan 3 kategori, yaitu berdasar teknikal, fundamental dan candlestick. Ini saya pikir bisa mempersingkat proses saya memfilter saham berdasar kriteria yang saya butuhkan.

 

  1. Lain-lain

Hal lain yang saya suka dari aplikasi POEMS adalah bisa login dengan fingerprint (jika smartphone Anda mendukung). Bagi saya pribadi ini sangat membantu karena jadi lebih praktis, tidak perlu memasukkan ID, password dan PIN.

 

Oke, untuk fitur aplikasi POEMS sementara hanya itu saja yang bisa saya ulas. Sebenarnya masih banyak menu lain yang terdapat disana, tapi saya terbatas kesempatan untuk mengulasnya. Jadi silahkan Anda jelajahi sendiri jika memang berminat membuka akun di Phillip Sekuritas.

cara membuka rekening saham - phillip sekuritas

….Kemudian terakhir.

Bagaimana layanan customer supportnya?

Saya bisa katakan sangat baik. Kemudahan akses yaitu melalui pesan Whatsapp tentu menjadi nilai lebih karena kebanyakan dari kita sering memakai WA. Saya tanya pun dibalas dengan cepat tanggap. Tapi tentu saja Anda harus menghubungi pada saat jam kerja.

 

 

Nah, bagaimana? Apakah tertarik untuk mendaftar juga di Phillip Sekuritas Indonesia? Silahkan Anda langsung menuju websitenya. Saya sarankan membuka akunnya melalui Sekolah Pasar Modal agar Anda juga dapat wawasan terkait saham.

 

Begitulah pengalaman saya mendaftar dan bertransaksi melalui Phillip Sekuritas Indonesia. Jika Anda ada hal yang mau ditanyakan silahkan disampaikan di kolom komentar mungkin saya bisa bantu.

4 thoughts to “Pengalaman Mendaftar di Phillip Sekuritas Indonesia”

  1. Made Artha says:

    Keren Pak pemaparannya,… sangat jelas sekali,…

    1. Aturportomu says:

      terima kasih pak, semoga membantu menambah referensi..

  2. Buat ulasan antara Phillip, Mirrae Asset dan Mandiri sekuritas dong

    1. Aturportomu says:

      terima kasih masukannya, untuk mirae asset saya belum coba mungkin kedepan bisa masuk. Mandiri sekuritas dalam proses pembuatan ulasannya. 🙂

Mau berpendapat?