cara investasi saham online

Cara Investasi Saham Online (Praktek Langsung)

Jika Anda sudah siap untuk terjun dalam dunia saham silahkan membaca cara investasi saham. Tapi jika belum, silahkan Anda membaca bab sebelumnya.

Sebelumnya saya sampaikan dulu, dimungkinkan ada perbedaan teknis dalam hal pendaftaran maupun transaksi karena perbedaan sekuritas maupun konteks waktu. Sehingga cara investasi saham berikut bisa jadi perlu disesuaikan.

Ketika saya daftar dulu, belum ada sistem verifikasi online, tapi sekarang sudah ada begitu sehingga tidak perlu kirim berkas.

Saya disini menunjukkan cara untuk daftar dan transaksi di sekuritas indopremier. Penyebutan sekuritas disini tidak menunjukkan hubungan afiliasi apapun.

Oke, jika Anda sudah tidak sabar, kita langsung saja…

Pertama, Anda tentu harus membuka rekening saham terlebih dahulu. Siapkan kopi dan camilan agar lebih nikmat.

 

Pendaftaran

Memilih sekuritas

Ada banyak sekuritas yang bisa Anda pilih, dan saya tidak akan mengulas cara memilih sekuritas yang bagus karena pada dasarnya semua sekuritas punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Selama terdaftar di OJK saya pikir tidak ada masalah mau pilih mana saja.

Saya sarankan Anda melihatnya disini.

Kalau versi saya, saya mencari sekuritas yang:

  1. Bisa daftar online, dalam artian tidak harus mengunjungi kantornya
  2. Tidak ada jumlah minimal depositnya, atau setidaknya saya masih bisa menjangkaunya
  3. Kepraktisan aplikasi untuk transaksi
  4. Customer service yang cepat tanggap

Untuk saat ini, saya hanya memakai sekuritas Indopremier dan Mandiri Sekuritas. Jadi jika Anda tanya kualitas sekuritas lain, mohon maaf saya tidak bisa menjawabnya.

Oleh karena itu, Anda bisa memakai Indopremier atau Mandiri Sekuritas sehingga jika Anda ada pertanyaan mungkin saya bisa bantu menjawab.

Update: Anda bisa memilih sekuritas lain sesuai kebutuhan Anda. Saya menyediakan review pengalaman cara membuka rekening saham dan transaksi. Ada review Phillip Sekuritas Indonesia.

 

Jika Anda memutuskan untuk mendaftar di Indopremier Anda bisa menuju ke Indopremier.

Anda bisa memilih untuk mendaftar melalui aplikasi IPOTGO atau manual melalui website. Jika Anda mau lebih praktis, bisa menggunakan aplikasi saja.

Tapi mohon maaf, saya tidak bisa menunjukkan langkah-langkahnya karena saya sudah punya akun sehingga tidak bisa screensoot tiap langkahnya.

Tapi menurut teman-teman yang sudah daftar, prosesnya mudah kok, tinggal ikuti langkah-langkah yang diberikan oleh pihak Indopremier. Kalaupun Anda kesulitan, Anda bisa menghubungi customer service Indopremier.

 

Mengatasi kendala: npwp, ktp, sid reksadana/sekuritas lain

Untuk sementara, saya bantu jawab kendala 3 hal di atas, karena sebelumnya juga ada beberapa pertanyaan dari teman saya.

Yang pertama terkait dengan NPWP, apakah bisa mendaftar jika tidak punya NPWP?

Berdasarkan pengalaman saya bisa kok, kita akan diberikan formulir pernyataan tidak/belum memiliki NPWP. Saya tidak tau di sekuritas lain bagaimana, tapi yang jelas ketika saya mendaftar, baik di Indopremier dan Mandiri Sekuritas, saya mengisi formulir itu.

 

Yang kedua terkait dengan e-KTP yang belum jadi, bagaimana solusinya?

Saya sempat bertanya ke customer service Indopremier dan pihak Indopremier mengatakan bahwa bisa menggunakan Surat Keterangan pengganti KTP dan harus melampirkan dokumen pendukung seperti copy SIM atau KK.

 

Yang ketiga, jika sudah punya nomor SID (Single Investor Identification) bagaimana?

Tidak masalah, jika sebelumnya mungkin Anda pernah mendaftar di sekuritas lain, Anda harus memasukkan nomor SID Anda ke kolom yang disediakan di formulir pendaftaran. Hal itu untuk menunjukkan bahwa Anda sudah terdaftar sebagai investor di Indonesia.

Kurang lebih begitu kendala yang kerap ditemui ketika mendaftar di sekuritas, dan jika Anda punya kendala lain silahkan disampaikan di kolom komentar, jika saya tahu saya bantu jawab.

 

Bentuk rekening saham

Selanjutnya, ini juga untuk memperjelas pemahaman Anda terkait rekening saham, karena masih banyak yang belum paham juga.

Jadi, rekening yang digunakan untuk transaksi saham bukanlah rekening yang sebelumnya biasa Anda pakai, entah itu mandiri, bca, bri, dst. Pihak sekuritas akan membuatkan rekening baru atas nama Anda yang khusus untuk transaksi saham.

Apakah dapat buku rekening dan ATM serta fasilitas lain seperti mobile banking?

Tidak, Anda tidak akan mendapatkan hal tsb. Anda hanya akan mendapatkan nomor rekening. Untuk laporan transaksi di rekening, Anda akan mendapatkannya melalui email.

Dan saya tunjukkan juga dibawah alur dananya agar Anda lebih paham.

cara investasi saham online

Sampai disini, saya sarankan Anda mendaftar dulu untuk membuka rekening saham. Jika sudah, Anda bisa melanjutkan membaca cara investasi saham selanjutnya.

 

Mulai transaksi

Kapan Anda bisa mulai transaksi?

Ketika Anda sudah mendapatkan nomor rekening dari pihak sekuritas sehingga Anda bisa mengisi saldo rekening tsb.

Untuk cara isi saldonya sama halnya dengan transfer pada umumnya, Anda cukup transfer sejumlah uang ke RDN milik Anda. Bisa transfer darimana saja, tidak harus dari rekening Anda pribadi.

Mau transfer pakai BTPN Jenius, mau pakai OVO, mau minta tolong teman di rekeningnya, mau kirim lewat teller bank, bisa kok.

 

Modal awal

Selanjutnya, pertanyaan paling sering: berapa modal minimal investasi saham? Apakah bisa investasi saham dengan modal kecil?

Di indopremier tidak ada batasan minimum untuk deposit, jadi Anda bisa mengisi rekening dana nasabah Anda berapapun sesuai dengan kemampuan modal Anda.

Kalau di sekuritas lain saya tidak tahu, bisa ditanyakan ke customer service masing-masing. Tapi yang jelas, maksud dari deposit itu bukan untuk sekuritasnya tapi untuk mengisi rekening Anda sendiri.

Biasanya itu sebagai tanda untuk mengaktifkan rekeningnya.

Kemudian kalau untuk beli saham, sekedar beli saham, Anda bisa mengeluarkan dana sebesar Rp 100.000.

 

Saham apa kok murah? Dapat berapa lot?

Dengan uang Rp 100.000 Anda bisa membeli saham yang harganya Rp 1.000/lembar sehingga Anda bisa membeli 1 lot.

Mau dapat lebih banyak? Bisa.

Anda beli saham yang harganya kisaran Rp 100/lembar maka Anda bisa mendapatkan sekitar 10 lot. Lebih kecil kan dari investasi emas yang butuh kisaran Rp 600.000/gram.

Saran saya untuk Anda yang masih baru masuk dunia saham:

  1. Siapkan dulu dana cadangan, minimal 3x pengeluaran bulanan Anda
  2. Terkait besarannya, sesuaikan dengan kesanggupan Anda mengendalikan emosi

Jika sudah, silahkan Anda isi rekening dana nasabah Anda agar bisa segera transaksi saham.

 

Dan akhirnya….

Kita memasuki saat yang ditunggu dalam bahasan cara investasi saham. Yaitu PRAKTEK JUAL BELI.

Saya tekankan dulu disini, bahwa apapun yang saya sampaikan merupakan pengalaman saya, hasil belajar saya, dan Anda yang sepenuhnya memegang kendali atas keputusan Anda sendiri.

Anda boleh mengikuti cara investasi saham yang saya sampaikan disini, dan juga boleh tidak mengikuti. Jadi, jika Anda sudah siap dengan setiap tanggung jawab yang akan Anda terima, silahkan lanjutkan.

 

Cara memilih saham

Cara pilih saham yang saya sampaikan disini adalah cara yang sederhana untuk PEMULA.

Jadi, tujuannya ini untuk menyelam pertama kali dalam transaksi saham.

Beda tujuan jelas beda cara.

Ibarat Anda mau makan, antara tujuan makan enak, makan kenyang, dan makan mewah, jelas beda cara milih makannya.

Dan sekali lagi Anda bisa mengikuti ataupun tidak, keputusan tetap di tangan Anda sendiri.

Sebenarnya di website lain juga banyak yang membahas tentang bagaimana memilih saham yang bagus. Anda tinggal ketik di google: cara memilih saham.

 

Dan Anda akan mendapatkan banyak referensinya.

Jadi disini saya menyarankan cara memilih saham yang sederhana, yang setidaknya membuat Anda tidak asal pilih saja untuk awal kali masuk saham.

Langsung saja ya…

 

1.Pilih saham yang mempunyai PER terkecil

Apa itu PER?

Secara umum PER (Price Earning Ratio) adalah perbandingan harga saham dengan laba bersih perusahaan. Ukuran ini sering menjadi ukuran untuk analisis fundamental.

Rumusnya adalah semakin kecil nilai PER maka semakin murah harga saham tsb.

Anda bisa mencari wawasan tambahan mengenai analisis fundamental di berbagai sumber lain.

 

Oh ya, sebagai alat tempur Anda dalam memilih saham, Anda bisa memakai aplikasi RTI Business.

Dalam aplikasi tsb Anda bisa memantau pergerakan harga saham, berita terkait, dan info-info lain yang penting dibutuhkan untuk transaksi saham.

Oke, jika berdasarkan informasi dari berita kontan pada 10 Januari 2019, bahwa ada 10 saham dengan PER terkecil, maka filter pertama kita menghasilkan saham berikut:

Kode Saham

Nilai PER (kali)

Kode Saham

Nilai PER (kali)

INDY

4,58

ADRO

7,21

SRIL

4,81

MNCN

8,26

WSKT

5,42

UNTR

8,7

ITMG

6,26

WSBP

8,76

INKP

6,7

ELSA

9

Lalu, bagaimana cara memilih saham selanjutnya?

 

2.Pilih yang posisi harganya (chart) dalam periode 1 tahun masih berada di bawah

Kita bisa melihat posisi harga melalui aplikasi RTI Business. Berikut saya perlihatkan.

Saya contohkan 5 saham saja, lainnya Anda bisa lakukan sendiri.

cara investasi saham online

 

Setidaknya Anda akan aman dalam beberapa bulan kedepan karena posisi harga tidak di puncak. Walaupun saham bagus tapi kalau salah timing beli juga kurang tenang kan…

 

Anda bisa menghitung prosentase penurunan harga saham dengan membagi selisih harga dengan harga tertinggi. Dibawah akan saya cantumkan.

 

Kemudian…..

 

3.Lihat berita terkait saham tsb di tahun ini

Ini sebenarnya untuk melihat mana yang sekiranya bisa naik lebih cepat harga sahamnya.

cara investasi saham online

 

Ketika ada berita positif terkait saham tsb, logikanya orang akan berekspektasi kinerja perusahaan akan lebih bagus di tahun ini dan oleh sebab itu membeli saham tsb.

Tapi Anda harus waspada, bedakan mana yang fakta dan mana yang masih sekedar isu. Kalau masih isu lebih baik wait and see.

 

Oke, dari semua aspek diatas, saya coba rangkum menjadi satu seperti dibawah ini.

cara investasi saham online

Dapatkan file excel Cara Memilih Saham Dengan Teknik Sederhana. Silahkan Anda berlangganan email di blog Aturportomu untuk download dan segera mempraktekkannya.

 

Diatas saya pilih saham yang berada di urutan 5 tertinggi peringkatnya di tiap aspek.

 

Nah, dari 10 saham diatas, akhirnya kita bisa lihat bahwa saham INDY dan WSKT mempunyai prospek yang lebih menarik dibanding 8 saham lainnya.

 

Jika Anda tertarik masuk ke saham diatas, Anda bisa membelinya.

Sekali lagi saya tekankan, keputusan tetap di tangan Anda. Dan Anda juga harus siap dengan naik turunnya harga saham karena hal tsb adalah hal yang wajar terjadi.

 

Saya juga akan membeli saham tsb agar bisa saya update perkembangannya untuk Anda.

 

Jika Anda sudah membuat keputusan untuk membeli saham (terlepas dari Anda mengikuti apa yang saya sampaikan atau Anda punya pilihan saham lain), mari kita praktek membeli saham.

 

 

Praktek beli

Yang saya praktekkan disini adalah praktek beli di sekuritas Indopremier, sehingga bisa jadi beda teknis. Dan saya menggunakan aplikasi IPOTGO.

Di indopremier ada beberapa cara untuk transaksi saham. Bisa melalui aplikasi Ipotgo, Ipotultima, melalui web, dan melalui telegram yang sudah tersinkron dengan akun di indopremier.

 

1.Beli di harga berapa?

Disini pengetahuan tentang bid ask kita gunakan.

Oke, saya mau beli INDY di harga 1965 karena harga terakhir hari sebelumnya 1970.

 

Oh ya sebentar, jika Anda masih bingung cari kode sahamnya dimana, Anda klik icon search.

Lalu Anda ketik INDY dan klik GO…

 

Oke lanjut…

 

Untuk harga Anda mau di harga lain? Boleh.

Misal Anda mau beli di harga 1920 karena ingin murah ya berarti harus antri dulu. Order Anda tidak akan langsung terpenuhi.

Atau sebaliknya, Anda tidak mau lama-lama maka Anda bisa membeli harga yang di kolom ask.

Tapi….

Jangan sampai Anda pilih harga terlalu tinggi.

Simpelnya begini, ada orang yang mau melepas sahamnya di harga 1965 lalu kenapa Anda menawar di harga 2000?

 

Nah lanjut ya..

Saya sudah menentukan akan beli di harga 1965.

Teknisnya, saya masukkan angka 1965 di kolom harga pada menu order. Hati-hati jangan salah ketik.

 

2.Berapa Lot?

Selanjutnya, berapa lot yang mau dibeli?

Ya sesuaikan dengan modal Anda.

Di aplikasi Ipotgo tsb tertulis CASH INFO.

Acuan Anda memasukkan jumlah lot adalah tidak melebihi “Dana Tersedia”.

 

Limit fasilitas itu apa? Itu adalah pinjaman dari sekuritas, ibaratnya kita hutang uang biar modal kita lebih besar. Mekanisme ini sama halnya dengan forex.

Tapi saya sarankan Anda tidak mengaktifkan fasilitas margin agar hidup Anda tenang…

cara investasi saham online

Disitu saya masukkan 1 lot (100 lembar) yang akhirnya membutuhkan dana Rp 196.500.

Kecil banget mas? Hahaa

Namanya juga untuk pembelajaran, jangan banyak-banyak.

Jika sudah, tinggal klik submit order.

Setelah Anda klik dan muncul tulisan order full match berarti pesanan Anda sudah terlaksana. Silahkan cek portofolio Anda.

Lalu apalagi?

Ya tinggal tunggu harga sahamnya naik.

 

Praktek jual

Saya tidak praktekkan langsung ya, mudah kok..

Anda tinggal tunggu harga naik.

Lah mas, berarti harus pantau aplikasi terus dong?

Nggak harus, Anda bisa cek lagi 3 hari selanjutnya atau seminggu selanjutnya.

Jika sudah mendekati harga yang Anda inginkan, tinggal setting sell.

Untuk teknis jualnya, sama aja prosesnya seperti beli. Bedanya Anda klik sell, bukan buy.

Isian kolomnya kurang lebih sama. Anda masukkan harga yang ingin Anda jual.

Misal mau jual di harga 2400, ya ketik itu. Jumlah lot sama saja dengan ketika beli.

Mudah kan?

 

Tarik dana

Jika saham Anda telah terjual, coba Anda lihat info dana yang tersedia.

Sekarang coba Anda praktek untuk tarik dana.

Salah satu cara untuk menghargai perjuangan Anda adalah nikmatilah cuan pertama Anda. Hehe

Oke, caranya….

Anda masuk ke pengaturan dana lalu pilih penarikan dana.

cara investasi saham online

Keterangan:

Dana tersedia adalah yang bisa Anda tarik dana. Biasanya hasil penjualan saham akan masuk setelah 2 hari.

Anda lihat dulu keterangan bank dan akunnya apakah sudah benar, lalu masukkan nominal penarikan dana dan pilih penarikan reguler.

Jika sudah, tinggal klik submit penarikan.

Dan, Anda tinggal nunggu dananya masuk ke rekening Anda. Selamat ya.. 😊

 

Nah, Anda sudah mengikuti pembahasan terkait cara investasi  saham, mulai dari memilih saham hingga praktek beli dan jual secara online.

Saya sarankan Anda menambah wawasan terkait cara pilih saham yang lebih jitu agar Anda tidak salah pilih.

 

Cara investasi saham yang saya sampaikan diatas masih sederhana, sekedar untuk Anda tidak salah pilih di pengalaman pertama investasi saham. Untuk selanjutnya, lebih baik Anda melengkapi metode memilih saham.

 

Panduan belajar saham untuk pemula berakhir sampai disini. Jika ada hal yang masih perlu kita diskusikan, silahkan sampaikan di kolom komentar.

Terima kasih Anda sudah sabar mengikuti pembahasan yang cukup panjang Hehe

 

Saya yakin masih banyak kekurangan dan mungkin juga kesalahan dalam pembahasan saya. Jika ada yang perlu dikoreksi, saya dengan senang hati untuk mengkoreksinya.

Saya berharap Anda sudah bisa memahami dasar-dasar saham dan Anda bisa melengkapi pemahaman Anda dengan wawasan lainnya agar lebih baik dalam berinvestasi.

 

Anda bisa membaca artikel lainnya di blog ini dan subscribe agar bisa mendapatkan kabar update artikel terbaru saya.

3 thoughts to “Cara Investasi Saham Online (Praktek Langsung)”

  1. Seru juga baca tentang saham.
    Saya hanya mau mempertegas pemahaman dr yg sya baca. Dan mohon koreksinya jika pemahaman saya salah.
    1. Untuk beli saham dengan harga tertentu maka kita harus antri. Ketika harga saham sesuai dengan yg kita inginkan (butuh waktu tentunya) baru transaksi beli saham terjadi.
    2. Demikian juga jika jual saham dg nilai tertentu jika sudah sampai pada harga saham yg kita inginkan maka transaksi jual baru terjadi.
    3. Waktu beli dan jual dg harga tertentu tidak bisa ditentukan dg pasti
    4. Ini berupa pertanyaan. Apakah jika nilai beli atau nilai jual sudah kita set. Namun lama tdk terjadi transaksi. Apa yg akan terjadi?
    5. Kalau lama tdk transaksi apakah ada biaya dalam rek saham kita?

    Sebelumnya maaf kalau banyak bertanya dan terimakasih.

    1. Aturportomu says:

      iya pak semoga bisa membantu 🙂

    2. Aturportomu says:

      1. betul, akan terjadi transaksi ketika match harga yg kita inginkan dgn yg ditawarkan org lain.
      2. idem no 1
      3. bisa ditentukan, tentunya dengan teknik tertentu. kapan kita bisa beli dan kapan harus jual.
      4. order transaksi pada umumnya hnya berlaku di hari yg sama. jika sudah melewati batas cut off time maka harus order lagi besoknya.
      5. tidak ada fee/penalti. hnya saja di beberapa sekuritas akan menutup rekening kita jika lebih dari 6 bulan tidak ada transaksi. tapi hal itu bisa diaktifkan kembali dgn mengajukan permintaan ke pihak sekuritas.

      terima kasih, semoga membantu..

Mau berpendapat?