cara bermain saham online gratis

Cara Bermain Saham Online Gratis

Jika Anda membaca artikel ini berarti Anda sudah paham bahwa saham bisa memberikan potensi keuntungan yang lebih baik dari deposito, emas, maupun reksadana. Tapi jika Anda membaca artikel ini karena main-main saja, lebih baik Anda pelajari dulu potensi saham. Saya pernah mengulas pengalaman saya mendapatkan profit 11% dalam waktu seminggu.

Sebelum melangkah lebih jauh, saya ingin menyamakan pandangan dengan Anda. Yang dimaksud dengan bermain saham adalah investasi saham bukan? Terserah mau pakai istilah apa, investasi, trading, bermain, dll. Poinnya adalah kita sama-sama ingin bisa profit dari saham.

 

Nah, jika Anda mencari cara bermain saham secara gratis, saya bisa pastikan Anda tidak akan bisa menemukannya dimanapun. Apa yang bisa Anda dapatkan gratis di dunia ini? Bahkan untuk numpang ke toilet umum saja Anda mengeluarkan uang bukan?

 

Lah terus, berarti artikel ini hoax dong?

Eits tunggu dulu. Saya disini mau menyampaikan bahwa Anda bisa kok bermain saham secara gratis, dengan artian tanpa modal sungguhan. Anda bisa bermain saham dengan menggunakan akun virtual. Istilahnya adalah virtual trade.

 

Apa untungnya bermain saham dengan akun virtual?

Begini, Anda mau langsung masuk ke dunia saham dengan coba-coba? Ya anggap lah dengan modal 1 juta. Kalau Anda belum siap baik secara pengetahuan, kemampuan membaca pasar, mengendalikan mental, mengatur modal, saya pastikan hilang 1 juta Anda. Cepat atau lambat!

Kemudian jika Anda mencari cara bermain saham gratis, saya pastikan Anda juga tidak ada banyak modal untuk investasi saham. Betul apa benar?

Padahal untuk investasi saham (sungguhan) Anda bisa memulainya dengan 100 ribu rupiah. Sudah banyak kok orang yang bisa investasi saham dengan modal yang tidak terlalu besar. Lihat saja kisah sopir taksi dan satpam yang investasi saham. Sebenarnya modal itu bukan halangan utama. Yang menghalangi itu KEMAUAN Anda!

 

Eh, kok malah jadi kayak motivator ya saya hahaha

Prinsipnya janganlah Anda membuat alasan tidak punya modal. Justru momen itu bisa Anda manfaatkan untuk mempelajari dulu dunia saham. Sembari mengumpulkan modal, Anda latihan dulu. Dan disini saya mau menunjukkan caranya latihan investasi saham. Sehingga ketika nanti Anda sudah siap modal (berapapun itu), Anda bisa praktekkan apa yang Anda sudah latih.

 

Oke, disini saya menunjukkan cara bermain saham online secara GRATIS menggunakan akun virtual dari aplikasi Stockbit. Jika Anda belum paham apa itu Stockbit, Anda bisa membaca ulasan saya tsb. Prinsipnya adalah Anda akan bisa melakukan jual beli dengan basis data realtime namun menggunakan uang virtual. Mantap kan?

Cara Bermain Saham Online Gratis di Stockbit

1. Mendaftarkan akun

  • Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah download aplikasi Stockbit di playstore.
  • Selanjutnya Anda membuat akun dengan klik Create New Account atau Register with facebook.
  • Isikan data-data diri Anda sesuai keterangan yang diminta. Kemudian Anda verifikasi dengan memasukkan kode yang dikirim melalui SMS.
  • Jika sudah Anda login menggunakan username dan password yang sudah Anda buat.
cara-bermain-saham-online-gratis2

2. Cari saham yang ingin dibeli

  • Anda klik di menu Search lalu ketikkan kode sahamnya, misal saya mau beli saham Indika Energy Tbk dengan kode saham INDY.

Anda bisa mengikuti teknik sederhana menentukan saham potensial yang saya ulas. Tidak perlu teknik yang ribet. Setidaknya Anda tidak asal pilih saham.

  • Setelah itu klik Buy. Anda juga bisa melihat beberapa hal: grafik harga, laporan kondisi fundamental perusahaan, sampai opini dari para member Stockbit terkait saham tsb.
cara bermain saham online gratis

3. Melakukan order beli

  • Setelah Anda klik Buy maka Anda isikan harga yang Anda inginkan beserta jumlah lot yang ingin dibeli. Misal itu saya mengisi harga 2.030 sejumlah 100 lot. Maka akan muncul nominal pembelian sejumlah 20.300.000.
  • Setelah itu Anda klik Order. Lalu klik Next.
  • Akan muncul pesan “Buy Order is Now Placed” lalu Anda klik Done. Jika Anda melihat status order adalah MATCH maka saham sudah terbeli.
cara bermain saham online gratis

4. Memantau portofolio

  • Selanjutnya Anda bisa melihat di Portofolio. Disana Anda bisa memantau perkembangan saham yang sudah Anda beli.
  • Jika Anda ingin membeli saham lain lagi silahkan lakukan langkah seperti diatas. Tenang saja, uang (virtual) masih sisa banyak hehe
cara bermain saham online gratis

5. Menjual saham

  • Katakan Anda sudah menunggu selama beberapa waktu. Dan Anda lihat portofolio Anda sudah berkembang. Maka Anda bisa menjualnya.
  • Prosesnya Anda tinggal klik di saham yang ingin dibeli lalu klik Sell.
  • Selebihnya kurang lebih sama dengan ketika order beli. Tentukan harga dan jumlah lot.

 

Nah, bagaimana? Mudah kan? Secara teknis Anda sudah bisa bermain saham online gratis. Tapi mungkin Anda menginginkan “sesuatu” yang lebih. Yaitu bisa benar-benar berinvestasi saham secara gratis, tanpa modal.

Hhmmm… Jujur saja saya bingung menjawabnya. Saya sudah katakan bahwa tidak mungkin Anda bisa investasi saham tanpa modal. Saya ada beberapa tips untuk Anda jika memang benar-benar merasa tidak ada modal. Walaupun mungkin besaran yang Anda maksud berbeda karena tiap orang relatif.

Tips Mengumpulkan Modal untuk Investasi Saham

1. Atur dulu keuangan Anda

Saya berkali-kali berpesan kepada para pembaca bahwa sebelum masuk ke saham lebih baik atur dulu keuangannya. Jangan sampai Anda memaksakan bisa berinvestasi di saham tapi kebutuhan rutin terganggu. Kalau istilah orang kebanyakan: PAKAI UANG DINGIN.

Setidaknya alokasikan untuk kebutuhan pokok rutin Anda, sisanya alokasikan untuk investasi saham. Kemudian sediakan juga dana cadangan setidaknya 3x besaran pengeluaran bulanan Anda.

2. Sisihkan uang berapapun untuk saham

Berapapun juga. Tidak usah terpaku dengan harus punya modal besar. Jaman sekarang ini investasi saham bisa hanya dengan 100 ribu rupiah. Kita bisa beli 1 lot = 100 lembar. Jadi jangan merasa terbebani dengan nominal besar. Sesuaikan saja dengan kesanggupan Anda. Mungkin uang THR Anda masih sisa, dapat bonus, darimanapun sumbernya sebisa mungkin sisihkan.

3. Tambah sumber pemasukan

Jika mentok Anda tidak ada uang yang bisa disisihkan, jalan satu-satunya adalah Anda menambah sumber pemasukan Anda. Entah Anda kerja sampingan, menjual ketrampilan Anda (desain grafis, les privat, dsb), apapun itu asal yang baik dan tidak melanggar peraturan.

4. Jangan HUTANG!

Dengan segala kerendahan hati, saya sarankan Anda tidak berhutang. Investasi saham bukan sesuatu yang bisa memberikan hasil instan sehingga bisa langsung melunasi hutang Anda. Di lain sisi Anda akan merasa tidak tenang karena diburu waktu untuk segera membayar hutang. Hal itu bisa berpengaruh terhadap psikologi Anda dalam berinvestasi. Dan pastinya hasil yang Anda dapatkan tidak akan maksimal.

 

Mungkin itu semua terdengar klise bagi Anda. Tapi saya yakin, Anda minta masukan ke siapapun juga pasti jawabannya kurang lebih sama. Dan saya agak bingung juga kalau Anda tidak punya sama sekali uang sebagai modal awal investasi saham. Anda tidak perlu belasan juta, puluhan juta atau bahkan ratusan juta. Cukup mulai saja seadanya.

 

Jika nanti Anda sudah mempunyai pengalaman dan wawasan yang cukup, barulah Anda tingkatkan target profit Anda. Dengan begitu modal Anda akan bisa meningkat lebih cepat dari sebelumnya. Biasanya istilah yang dipakai adalah trading saham. Dengan trading saham, Anda bisa mendapatkan prosentase profit yang lebih baik. Tapi tentu saja hal itu butuh kemampuan tersendiri.

Sekian dulu ulasan saya tentang cara bermain saham online gratis. Semoga Anda mendapatkan inspirasi untuk segera beraksi. Jika ada yang ingin Anda tanyakan atau utarakan silahkan sampaikan di kolom komentar.

  • 11
    Shares

Mau berpendapat?