aplikasi saham stockbit

Stockbit: Aplikasi Multifungsi Untuk Investasi Saham

Sebagai seorang investor maupun trader saham, kebutuhan akan informasi pasar modal menjadi mutlak untuk dipenuhi. Aplikasi untuk investasi saham ini akan sangat membantu Anda.

Oh ya sebelum melanjutkan, mungkin Anda masih bingung dengan istilah investor dan trader. Anda bisa membaca artikel trading atau investasi untuk memahaminya.

Aplikasi yang saya bahas ini adalah Stockbit. Bisa jadi Anda sudah pernah tau atau bahkan sudah memakainya. Jadi mungkin nanti Anda bisa menambahkan jika ada yang belum saya bahas.

 

Dan bagi Anda yang belum tau, mari kita lihat apa saja yang bisa kita lakukan dengan aplikasi ini.

Sebelum melangkah lebih jauh, mungkin butuh sekilas diulas apa sih Stockbit itu. Ini saya ambil saja dari penjelasan di website Stockbit.

  1. Stockbit adalah aplikasi untuk kamu yang ingin berdiskusi, analisa dan investasi saham dalam satu tempat
  2. Stockbit adalah komunitas investasi di Indonesia
  3. Stockbit memberi ruang bagi investor dan trader untuk berbagi ide, berita dan informasi keuangan lainya secara real-time
  4. Stockbit juga merupakan Member of Asosiasi Fintech Indonesia

 

Dari beberapa penjelasan diatas, kurang lebih menunjukkan Stockbit berfokus utama pada penyediaan informasi pasar modal secara realtime. Aplikasi Stockbit dapat Anda download di AppStore maupun Google Play Store.

Lalu, apa saja yang bisa kita lakukan di Stockbit?

 

1.Akses informasi

a.Berita dan ide terupdate

Dengan fitur utama “Stream” yang menjadi andalan Stockbit, kita bisa mendapatkan berbagai informasi terkait pasar modal. Entah itu berita, maupun ide-ide dari para anggota komunitas. Hampir setiap menit ada update yang muncul. Kurang lebih mungkin seperti timeline media sosial.

Kita bisa melihat opini dari para member berkaitan degan saham-saham tertentu. Jadi kita akan mendapatkan tambahan wawasan yang mungkin bisa membantu dalam membuat keputusan. Tapi Anda juga perlu waspada karena tidak semua ide itu benar, Anda harus tetap memfilternya.

 

b.Informasi emiten

Kita juga bisa mendapatkan informasi terkait emiten. Mulai dari profil perusahaan, informasi fundamental, informasi grafik harga, dan antrian order permintaan penawaran. Lengkap bukan?

Mau coret-coret chart dengan analisis teknikal moving average dkk bisa banget.

 

c.Alert notification

ini salah satu fitur favorit saya. Adanya fitur pemberi peringatan untuk saham yang kita pilih. Misal kita ingin diberi tau bahwa saham A sudah mencapai harga tertentu, maka nanti akan ada notifikasinya. Jadi tidak perlu bolak balik lihat update harga saham itu.

 

Bagi saya itu sangat membantu. Selain itu juga ada notifikasi berita update untuk saham-saham yang kita masukkan watchlist. Jadi bisa lebih terfilter terkait berita yang ingin kita perhatikan.

 

aplikasi saham stockbit

 

2.Media sosial para investor dan trader

Kita bisa mem-follow member tertentu yang mungkin bagi kita akan bermanfaat dalam memberikan informasi. Dan kita pun bisa di-follow oleh member lain. Sama seperti media sosial pada umumnya kan?

Dengan begitu maka ada ruang untuk saling berdiskusi, bertukar pikiran. Tentu ini bisa membantu dalam memperluas wawasan kita terkait saham.

 

3.Simulasi trading realtime

Nah ini juga salah satu fitur yang sangat dibutuhkan pemula dalam mengenal investasi saham. Bisa simulasi jual beli saham dengan data realtime tapi memakai uang virtual. Anda bisa mengikuti pergerakan harga secara realtime, lalu memutuskan untuk membeli dan menjual.

simulasi saham - aplikasi saham stockbit

Setiap wawasan yang Anda dapatkan tentang saham bisa Anda praktekkan langsung dengan fitur simulasi trading. Tidak perlu khawatir kehilangan modal, bisa dengan leluasa praktek. Namun memang akan ada perbedaan dalam hal psikologinya.

Merelakan modal virtual pasti lebih mudah kan daripada merelakan modal asli? Tapi setidaknya nanti Anda akan terbiasa dengan hal-hal teknis.

 

4.Membuka rekening saham

Ternyata di Stockbit juga ada partnership pembukaan rekening di sekuritas Sinarmas Sekuritas. Saya baru tau hehe

aplikasi saham stockbit - cara membuka rekening saham

Jadi Anda bisa sekalian buka rekening disana jika memang berminat. Yang jelas Anda harus kenali dulu sekuritas tsb, apa saja fiturnya, berapa deposit yang dibutuhkan, dsb.

 

Saya pribadi belum mencoba semua fitur yang ada di Stockbit, apalagi yang fitur Pro (berbayar) hehe

Jadi nanti Anda bisa menjelajahi sendiri fitur-fitur yang ada di aplikasi tsb. Dan ingat, aplikasi hanya membantu menyediakan data yang Anda butuhkan, keputusan untuk melakukan jual beli kembali pada diri Anda sendiri.

Oke, setidaknya sekarang Anda ada referensi baru terkait aplikasi yang berguna untuk mendukung aktivitas Anda dalam berinvestasi saham.

Masih ada banyak aplikasi lain yang akan saya bahas disini, jadi jika Anda tidak mau ketinggalan infonya, silahkan Anda subscribe di blog saya ini.

  • 5
    Shares

Mau berpendapat?